Adil Dan Transparant

Deli Serdang Berlabuh 2023, Event Promosi Seni, Budaya, Pariwisata & Ekonomi Kreatif

83

DELI SERDANG – Deli Serdang merupakan kabupaten yang kaya akan keberagaman budaya dan tradisi serta memiliki pemandangan alam sangat indah. Tentunya, potensi besar ini bisa dijadikan sebagai daya tarik wisata dan mampu menunjang pertumbuhan ekonomi di desa melalui pengembangan produk kebudayaan secara kreatif, seperti seni, pertunjukan kuliner fashion show, film dan kegiatan ekonomi kreatif lainnya.

Oleh karenanya dibutuhkan terobosan baru untuk memperkenalkan dan mempromosikan potensi kebudayaan daerah, kerajinan serta pariwisata sebagai upaya untuk menjaga dan mengembangkannya.

“Pemerintah Kabupaten Deli Serdang menyambut baik Inovasi dan kreativitas yang dilakukan generasi muda dan Duta Wisata Deli Serdang untuk melestarikan dan mempromosikan kebudayaan, pariwisata dan ekonomi kreatif di Deli Serdang. Hal ini dikarenakan penyelenggaraan event merupakan salah satu cara untuk mendatangkan wisatawan dari luar daerah,” ujar Wakil Bupati (Wabup) Deli Serdang, HM Ali Yusuf Siregar pada Pembukaan Berlabuh di Deli Serdang 2023 Dalam Rangka Memperkenalkan Kebudayaan, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Kabupaten Deli Serdang di Plaza Kuliner Deli Serdang, Jalan Medan-Lubuk Pakam, Kelurahan Petapahan, Kecamatan Lubuk Pakam, Jumat malam (1/9/2023).

Sejatinya, sambung Wabup, kesadaran untuk melestarikan warisan budaya daerah harus dimulai dari para generasi muda bangsa. Sebab, generasi muda sebagai kaum milenial memiliki banyak ide dan inovasi yang terus mengikuti perkembangan zaman, sehingga budaya tidak punah tapi malah semakin terkenal.

Dengan begitu, wisatawan bisa lebih cepat mengenal Deli Serdang dari sektor kebudayaan, ekonomi kreatif dan pariwisata. Tidak hanya di tingkat nasional, tapi juga internasional.

- Advertisement -

“Semoga acara ini dapat berkembang dan menjadi agenda event tahunan di Kabupaten Deli Serdang,” harap Wabup.

Sebelumnya, panitia acara, Nur Hardianto Pakpahan, dalam laporannya mengemukakan acara tersebut digagas dan dilaksanakan oleh para generasi muda Deli Serdang, para Duta Wisata Deli Serdang Tahun 2017-2023. Inspirasinya adalah visi Indonesia untuk bisa menggapai bonus demografi pada tahun 2030-2045.

“Kita selalu mendengar, bonus demografi akan terjadi pada tahun tersebut dan anak mudalah yang akan mengambil peran itu. Saat ini, kami menciptakan sebuah sejarah baru bagi anak-anak muda di Deli Serdang, terutama Duta Wisata Deli Serdang. Teringat enam tahun lalu, saya dan l beberapa teman terpilih menjadi Duta Wisata Deli Serdang. Kami berpikir mau jadi apa? Mau ngapain di Deli Serdang? Apa fungsi kami cuma menyambut tamu? Kami berpikir, kami harus menciptakan ruang bagi sendiri,” katanya.

Dengan dukungan Dinas Kebudayaan, Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disbudporapar) Kabupaten Deli Serdang, sambung Nur Hardianto, acara Berlabuh di Deli Serdang 2023 menjadi jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut.

“Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 1 September 2023 sampai 3 September 2023, dan akan diisi berbagai acara. Termasuk pula mengajak para duta wisata kabupaten/kota lain visitasi desa wisata di Kabupaten Deli Serdang,” terangnya

Leave A Reply

Your email address will not be published.