Adil Dan Transparant

Semangat Berkompetisi!!! Ribuan siswa Mengikuti Kompetisi Sains Nasional se Sumbagut

119

Medan, Unit Kegiatan Mahasiswa Smart Generation Community Universitas Sumatera Utara (UKM SGC USU) telah melaksanakan kegiatan Kompetisi Sains Nasional Se-Sumbagut dan Seminar Beasiswa dan Prestasi pada Minggu, 17 September 2023 di Balai Namaken Jl. Jamin Ginting.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh UKM SGC USU Bekerjasama dengan lembaga Saintech Indonesia yang telah terdaftar di Kemenkumham.

Kegiatan ini dihadiri oleh lebih kurang 1000 peserta dari berbagai Sekolah Se-Sumbagut. Peserta terdiri dari kategori SMP dan SMA. Soal yang diujikan berasal dari 4 Mata Pelajaran SMP dan 8 Mata pelajaran SMA.

Dalam Sambutan nya Ketua Panitia, Muzammil Ihsan mengatakan “Kalian adalah orang-orang yang terpilih mengikuti kegiatan ini, berkompetisi skala nasional, mendapatkan ilmu yang sangat bermanfaat untuk menuju pasca SMA dan mengajak siswa/i terus bersemangat untuk berprestasi, beliau juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi sebesar2nya kepada seluruh panitia baik dari UKM SGC USU maupun dari tim Saintech Indonesia.”

Dr. Pindi Patana, S.Hut., M.Sc. selaku Pembina UKM SGC USU mengatakan “Adik-adik yang sudah mengikuti kegiatan perlombaan olimpiade dan seminar ini merupakan langkah yang tepat untuk mempersiapkan masa depan yang lebih baik terutama untuk mempersiapkan ke dunia perguruan tinggi.”

Ahmad Widad seorang Mahasiswa FIB USU membawakan puisi tentang perjuangan seorang Ayah dalam mendidik dan membesarkan anaknya.

Kemudian hadir juga Bapak Muhammad Nuh, Anggota DPD RI Dapil SUMUT sekaligus membuka acara tersebut. “Kegiatan seperti ini patut kita apresiasi, dimana siswa/i berkompetisi secara nasional untuk mengasah kemampuan para anak-anak muda demi mempersiapkan generasi-generasi Indonesia Emas yang berkualitas di tahun 2045.” Beliau juga mengapresiasi Siswa/i dari MAN 3 Sibolga yang jauh-jauh datang untuk Olimpiade.

- Advertisement -

Setelah olimpiade dilaksankan, dilanjut hiburan tari dari Sanggar Deli dan dilanjut games hiburan untuk para peserta sebelum break waktu ISHOMA.

Selesai ISHOMA, MC Anas Hawari dan Honey Miftasya membuka kembali dan memberikan Tim Saintech, Bang Rifai Muda Harahap membawakan games Kahoot untuk seluruh peserta.

Setelah games, dilanjut talkshow Seminar Beasiswa dan Prestasi. Seminar ini dibawakan oleh moderator, Rara Dinda.

Pemateri TalkShow pada kegiatan tersebut merupakan mahasiswa Berprestasi Fasilkom TI USU, Farhan Doli Fadhiil Siagian dan Suhaila Rizky Nasution yang merupakan Mahasiswa Berprestasi Fakultas Kesehatan Masyarakat.

Kedua pemateri merupakan mahasiswa berprestasi, penerima beasiswa dan banyak mendapatkan penghargaan dari berbagai perlombaan yang di ikuti. Kedua pemateri memberikan semangat serta tips dan trik menjadi mahasiswa yang aktif dan berprestasi di kampus. Para siswa/i sangat antusias mendengarkan nya.

Setelah diadakan nya seminar, MC melanjutkan rangkaian kegiatan yaitu pembacaan pemenang perlombaan.
Pada kompetisi Ini, Siswa/i yang mendapatkan nilai tertinggi dari masing-masing mata pelaajaran mendapatkan piagam penghargaan.

Juara Umum kompetisi sains Nasional jenjang SMP dimenangkan oleh SMP SWASTA RK Bintang Timur dan Juara Umum SMA diberikan kepada SMA IT AL FITYAN MEDAN. Penilaian juara umum berdasarkan jumlah point terbanyak secara keseluruhan.

Kegiatan berjalan dengan lancar dan sukses. Semoga melalui kegiatan ini membuka pemikiran siswa/I untuk mempersiapkan pendidikan yang lebih baik sejak dini dan dapat meraih prestasi di masa yang akan dating untuk kemajuan Pendidikan di Indonesia terkhusus di daerah SUMBAGUT.

Leave A Reply

Your email address will not be published.