Adil Dan Transparant

BPK Lakukan Pemeriksaan Atas Pengadaan Barang dan Jasa di Deli Serdang

53

DELISERDANG – Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Wilayah Sumatera Utara akan memulai Pemeriksaan Pendahuluan Kepatuhan Atas Pengadaaan Barang dan Jasa terhadap pemerintah daerah, termasuk Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deli Serdang.

Pemeriksaan dilakukan dalam 20 hari ke depan, mulai hari ini, Rabu (4/10/2023) sampai Senin (23/10/2023).

“Kami (BPK RI) kembali hadir di Deli Serdang dalam menjalankan amanah untuk melakukan pemeriksaan yang kami anggap sangat penting karena di saat inilah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deli Serdang menyampaikan segala apa yang sudah dilakukan dan diminta untuk melakukan evaluasi sekaligus ada waktu untuk melakukan perbaikan,” kata Kepala BPK RI Perwakilan Provinsi Sumatera Utara, Eydu Oktain Panjaitan SE MM Ak CA CSFA ketika bertemu dengan Bupati Deli Serdang, H Ashari Tambunan di Kantor Bupati Deli Serdang, Rabu (4/10/2023).

Saat ini, lanjut Eydu, pemeriksaan yang dilakukan bukan hanya di Deli Serdang, tapi juga di sejumlah pemerintah daerah (Pemda) lainnya yang dianggap signifikan dan menjadi perhatian, termasuk Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) sebagai pembina bagi pemerintahan kabupaten/kota yang mengelola anggaran dengan jumlah besar.

- Advertisement -

“Dan juga memilih Pemda yang mengelola anggaran yang tidak besar, tapi ada permasalahan-permasalahan atau ada keinginan-keinginan yang ingin meningkatkan pertanggungjawaban keuangannya, sebutnya.

Bupati Deli Serdang, H Ashari Tambunan menyambut baik rencana pemeriksaan belanja barang dan jasa yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Deli Serdang tersebut.

“Sesungguhnya kegiatan (pemeriksaan) ini sangat penting dalam segala kapasitas, baik sebagai bupati maupun pribadi. Ini menjadi bagian penting bagi Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) 2023. Artinya, kapasitas saya sebagai bupati maupun pribadi ini sangat berkepentingan agar pemeriksaan 20 hari ke depan ini berlangsung baik dan bisa menjadi bahan bagi pemeriksaan LKPD 2023,” ucap Bupati.

Hadir pada pertemuan tersebut, Wakil Penanggung Jawab Tim Pemeriksa BPK RI Wilayah Sumatera Utara, Ahmad Fadli; ketua tim, Rita Efriyani Rustam; anggota, Andri Juliansyah, Sigit Pamungkas dan Delvi Agitya. (*)

Leave A Reply

Your email address will not be published.